Minggu, 12 Februari 2012

Keajaiban Salat Tahajjud

Sudah banyak orang yang mengalami keajaiban Shalat Tahajjud.
Saya salah satunya. :)
Masa terbaik dalam hidup saya adalah ketika waktu itu, saya hampir Sholat Tahajjud setiap malam, melakukannya 2 rokaat, 
Itu terjadi waktu saya kelas 2 SMA.
Dan saya merasakan keajaiban dari Istiqomah-nya Shalat Tahajjud. Prestasi saya melonjak drastis. Saya mendapatkan juara lomba karya tulis, dan menjadi ketua OSIS, bahkan cita-cita saya sewaktu TK yaitu menjadi PASKIBRAKA terwujud, saya lolos dalam seleksi tingkat Kabupaten Demak.

Itu sangat AJAIB buat saya. Makanya TAHAJJUD itu sering diplesetkan: Tahu Tahu Harapan Terwujud!!

      Dan suatu ketika entah kenapa saya dalam kurun waktu kurang lebih 2 minggu tidak melakukan shalat tahjjud, teman-teman sekolah saya banyak yang mengatakan bahwa kulit saya bertambah hitam dan kusam. saya jadi heran, menurut saya tidak ada bedanya warna kulit saya, masih sama seperti yang dulu. perasaan saya belakangan ini sudah tidak pernah berenang, tidak pernah joging siang hari, bedak saya pun tidak saya ganti. Lantas kenapa ? saya mencoba menelaah lebih dalam. Terbesit dalam benakku ,YA ALLAH mungkin ini yang menyebabkan kulitku terutama kulit wajahku dilihat orang tambah hitam dan kusam, karena saya belakangan ini jarang shalat tahajjud... Ampuni hamba yang hina ini YA ALLAH .. Engkau yang maha segalanya... 

     Sungguh luar biasa jika kita mengetahui keajaiban dari sholat tahajud. Yaitu dengan melakukan sholat yang dilakukan pada sebagian malam hari ini, apa yang kita hajatkan InsyaAllah akan terkabul. Dan pada kesempatan ini juga akan saya sampaikan pengalaman saya selama sering melakukan shalat tahajjud.

     Sholat tahajjud ialah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. waktunya sesudah shalat Isya sampai terbit fajar. shalat diwaku malam hanya dapat disebut salat Tahajjud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar. jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat Tahjjud, tetapi shalat-shalat sunnah saja seperti witir dan sebagainya. 

    Sholat malam ini banyak sekali manfaat nya, dan terkadang shalat tahajjud mendatangkan beberapa keajaiban yang tidak terduga, Subhanallah. sebagaimana firman Allah Surat Al-Isra’ ayat 79 yang berbunyi: “Dan pada sebagian malam bertahajjudlah dengannya sebagai tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat engkau ke tempat yang terpuji.”


    Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang diajarkan oleh Nabi, namun kia dianjurkan tuk melaksanakan sesering mungkin, karena manfaat sholat tahajud sungguh besar. Walaupun mungkin terasa berat, apabila kita terbiasa melakukannya, Insya Allah, sholat tahajud merupakan jawaban atas beberapa rasa stres ataupun segala permasalahan yang ada.

Rentang waktu malam tersebut dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :
  1. Sepertiga malam pertama : kira-kira pukul 19.00 – 22.00
  2. Sepertiga malam kedua : kira-kira pukul 22.00 – 01.00
  3. Sepertiga malam ketiga : kira-kira pukul 01.00 – 04.00
Sedangkan Lafadz niat dari sholat tahajud adalah :
Ushallii sunnatattahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Manfaat sholat tahajud diantaranya adalah :
1. Membuat hati merasa aman dan tentram
2. Dijauhkan dari godaan syaiton
3. Memperlancar rezeki
4. Menumbuhkan ketenangan berpikir serta bertindak
5. Membuat badan jadi sehat
6. Membersihkan pikiran yang jelek
7. Membuat seseorang menjadi lebih positif

Nah, buat yang masih belajar untuk melaksanakan Sholat Tahajjud, ada beberapa Tips
Mari kita simak, Tips Mengawali Kebiasaan Sholat Tahajjud :

1. Lakukan Sholat Tahajjud Versi 23.
Anda pasti tersenyum dan bertanya, 23 rokaat? He he he bukan. Maksudnya adalah, Pertama  kita bangun 20 menit sebelum waktu subuh. Bener2 sepertiga malam yang terakhir nih, last minute!! Kemudian, lakukan Sholat Tahajjud 2 rakaat selama kurang lebih 3 menit.
Inilah Sholat Tahajjud Versi 23. Cocok untuk pemula. :)


2. Seiring perjalanan waktu, baru ditingkatkan intensitasnya; bangunnya lebih awal, rakaatnya lebih banyak, waktu lebih panjang, dan tentunya lebih khusyuk.
Perlu diketahui, menangis lebih mudah dan khusyuk pada saat ini. Buat yang sedang GALAU, LABIL, PATAH HATI, DLL menangis di saat ini BIKIN HATI PLONG!!! Buktikan!!
Dan membaca Al Qur’an, lebih terasa di saat ini. Bacalah surat2 paling panjang yang kita hafal pada rakaat2 Sholat Tahajjud kita.

3. Bacalah DOA2 apapun sebelum tidur malam. Bahasa Arab bagus, bahasa Indonesia OKE, bahasa daerah juga GA MASALAH!!!
Panjatkan semua mimpi, keinginan, harapan, curhat, cita2, dll kepada Allah.

4. Tips paling mujarab adalah minumlah air putih sebanyak-banyaknya sebelum tidur malam. Dijamin Anda akan terbangun tengah malam, karena kebelet pipis  :D Hihi
 
Bagaimana siap mencoba KEAJAIBAN Shalat Tahajjud??

    

4 komentar:

  1. Masukkan komentar Anda... assalam.. Knp gw dh 10thn sering tahajud, puasa, dhluha, dzikir dll tp nasib gw tetep suram. Gw tambah sulit dpt jodoh dan rejeki, gw tetep dijahati org trs. Dlu saat gw msh krja di perantauan, gw sering dihina teman, dibodohi teman, dimanfaatkan teman dll. Dlu saat gw msh giat nyari jodoh gw sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dihajar org, diancam org, ditipu teman, difitnah teman dll. Gw terpaksa pulang kampung malah nganggur dan jomblo sangat lama, lbh dari 10thn sampai skrng. Tp tdk ada yg menolong gw. Saudara2 gw yg sdh sukses dan kaya rata rata sombong dan pelit. Mrk yg watak nya tdk baik biasa nya DNA nya bukan dari keturunan kakek atau nenek gw. Tp watak nya berasal dari keluarga besan. Kalau watak nya berasal dari kakek nenek gw biasa nya baik. Semakin kaya semakin kasihan kpd yg miskin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asw. Sabar mas, itu ujian dr Allah. Mungkin mas diuji sprti itu, krn Allah mau tau mas selama 10 thn itu ibadahnya ikhlas karena Allah apa nggak. Maaf mas. Bukan maksud mnggurui cm mau share aja. Moga Allah memberikan RahmatNya selalu kpd mas.

      Hapus
    2. Asw. Sabar mas, itu ujian dr Allah. Mungkin mas diuji sprti itu, krn Allah mau tau mas selama 10 thn itu ibadahnya ikhlas karena Allah apa nggak. Maaf mas. Bukan maksud mnggurui cm mau share aja. Moga Allah memberikan RahmatNya selalu kpd mas.

      Hapus
  2. Assalamu’alaikum, berikut artikel terkait yang saya tulis. 40 Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud.

    http://maryam-qonita.blogspot.co.id/2018/03/manfaat-keutamaan-sholat-tahajud.html

    Semoga berkenan untuk saling berkunjung dan melengkapi. Kakak juga boleh bertukar link di blog saya, terimakasih :D

    BalasHapus